Portal Akademik

October 21, 2013

Latar Belakang :

Pendidikan di indonesia masih banyak yang harus diperbaiki, terutama untuk wilayah-wilayah yang jauh dari perkotaan. Apalagi untuk desa maupun perkampungan yang sulit diakses. Sekolah-sekolah yang berada di tempat terpencil sangat minim tenaga pengajar. Jarang orang yang mau mengajar di tempat tersebut dikarenakan sulitnya akses, minimnya fasilitas yang tersedia dan lain-lain, hanya orang-orang yang berjiwa besar dan perduli yang mau mengajar di tempat-tempat ini.  Dampaknya keadaaan sekolah semakin terpuruk, selain itu menimbulkan pemikiran bagi warga setempat bahwa hidup di kota lebih menjanjikan sehingga alur urbanisasi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tentu hal ini sangat merugikan bagi kita, selain semakin padatnya kota-kota besar, perkembangan desa maupun perkampungan akan tersendat dikarenakan minimnya tenaga ahli yang mereka miliki.

sekolah-rusak1

Berkaca pada masalah di atas, penulis ingin menerapkan pengajaran melalui portal akademik. Portal akademik dalam hal ini merupakan suatu gerbang bagi seorang pengajar dimanapun dia berada dapat mengajar murid-muridnya tidak perduli dimana lokasinya. Sistem portal akademik dalam hal ini berupa video call, yap seperti fitur video call yang digunakan disaat kita chatting. Namun penggunaannya digunakan untuk mengajar. Dengan menggunakan projektor akan menampilkan pengajar/guru secara live. Pengajar pada sisi ini sudah memiliki data-data murid yang diajar sehingga memudahkan proses belajar mengajar. Dengan portal akademik ini pengajar dapat mengajar seakan-akan memang berada di dalam kelas. Dalam pemberian tugas maupun PR pada murid seluruhnya akan menggunakan komputer, sehingga selain mengirit biaya kertas, penyimpanan data akan lebih mudah. Memang untuk mewujudkan hal ini akan membutuhkan pelatihan dan biaya yang besar pada awalnya. Pemasangan komputer bagi setiap murid, projektor, implementasi jaringan internet dan lain-lain. Namun apabila telah terealisasi akan memotong biaya pengajar,  biaya kertas dan yang paling penting tenaga pengajar akan tercukupi karena jarak atau tempat terpencil bukan merupakan kendala lagi.SKype_600

Selain hal diatas, portal akademik ini juga dapat ditujukan sebagai media kursus secara online. Seperti kursus cisco, java, microsoft.net, oracle dan lain-lain. Pengajar dan muridnya tidak perlu repot-repot datang ke tempat kursus, hanya perlu online dimana saja dia berada. Sehingga portal akademik ini sangat flexibel waktu pengajarannya. Selain itu juga dapat menghemat biaya kursus, karena tidak perlu menyewa tempat untuk mengadakan kursus, menghemat biaya transportasi dan lain-lain. Selain kursus diatas portal akademik juga bisa sebagai tempat berlatih alat musik. Sebagai contoh seorang gitaris, sang pengajar mengajari muridnya. Yap seperti melihat youtube, namun pada portal akademik ini sang murid benar-benar dibimbing dan dikoreksi apabila melakukan kesalahan.

Portal Akademik merupakan cita-cita penulis. Semoga cita-cita ini dapat terealisasikan.

Terima Kasih 🙂

Leave a comment